Kemendagri : Padang Jadi Percontohan Pelayanan Cepat Dukcapil

2016-05-28 13:01:48     -     Afnilmahfuzi   |     View : 356
  No Image

Padang, (Antara) - Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri), Zudan Arif Fakrullah mengatakan bahwa kota Padang pantas menjadi percontohan dalam pelayanan data kependudukan di Indonesia.
 
"Upaya yang dilakukan Disdukcapil cukup baik dalam memberikan pelayanan pembuatan kartu tanda penduduk atau akta dengan waktu yang singkat," ujar dia saat meresmikan pelayanan daring dukcapil di Padang, Jumat.
 
Menurutnya keberhasilan Padang memberikan pelayanan dengan waktu 3 menit dapat dikatakan cukup cepat seluruh Indonesia.
 
Di beberapa daerah juga ada pelayanan dukcapil namun secara waktu masih kalah dari yang Padang.
 
Untuk itu segala sistem dan upaya yang dilakukan Padang dapat menjadi contoh Disdukcapil lain di seluruh Indonesia.
 
"Selain pelayanan untuk pembuatan, secara keseluruhan rekam data kependudukan di Padang juga cukup baik dan cepat," tambah dia.
 
Dia menerangkan capaian 91 persen penduduk yang telah menyelesaikan pengurusan KTP dinilai melebihi capaian rata-rata nasional yang mencapai 87 persen.
 
Hal ini membuktikan bahwa kinerja Disdukcapil dan pemerintah Padang cukup baik.
 
Ditambah pelayanan daring yang baru diluncurkan, diharapkan akan muncul kembali inovasi baru dari disdukcapil Padang.
 
"Semua inovasi dapat secepatnya diadopsi oleh Disdukcapil lainnya," lanjut dia.
 
Lebih lanjut dia mengungkapkan pentingnya pencatatan data penduduk tersebut karena telah terintegrasi dengan berbagai kepentingan.
 
Menurutnya segala urusan seperti mencari donor darah, mencari korban dan sebagainya bisa dilakukan melalui disdukcapil masing-masing daerah.
 
"Ditambah kerja sama ke depan dengan berbagai instansi, fungsi disdukcapil semakin kuat dan strategis dalam memperkuat kinerja pemerintah untuk memberikan pelayanan," sebutnya.
 
Sementara itu salah satu warga ikut dalam peluncuran pelayanan disdukcapil daring, Angga merasa bangga bila kota Padang menjadi percontohan pelayanan kependudukan tersebut.
 
Menurutnya hal ini membuktikan bahwa ada konsistensi pemkot Padang meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.




© 2016 Website JDIH
Provinsi Sumatera Barat. Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum
Konsultan IT - Team eGovernment Provinsi Sumatera Barat